Selasa, 20 Maret 2012

Refleksi Model Pembelajaran



Model Pembelajaran Cooperative Script
Dansereau Cs., 1985

Skrip kooperatif adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari.

Langkah-langkah:
  • Guru membagi siswa untuk berpasangan
  • Guru membagikan wacana / materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
  • Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
  • Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar menyimak / mengoreksi / menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat / menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
  • Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta lakukan seperti di atas
  • Kesimpulan guru
  • Penutup
Kelebihan:
  • Melatih pendengaran, ketelitian / kecermatan
  • Setiap siswa mendapat peran
  • Melatih mengungkapkan kesalahan orang lain dengan lisan
Kekurangan:
  • Hanya digunakan untuk mata pelajaran tertentu
  • Hanya dilakukan dua orang (tidak melibatkan seluruh kelas sehingga koreksi hanya sebatas pada dua orang tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar